Waspada Obesitas Pada Anak Beresiko Jantung Koroner (Ketahui Obatnya)

Obesitas Pada Anak
Bahaya Obesitas

Setiap tahun banyak dijumpai anak yang memiliki berat badan diatas rata-rata. Hal tersebut Ada sebagian orang tua yang senang melihat anaknya memiliki berat badan berlebih alasannya anak menjadi imut, lucu dan menggemaskan.  Tanpa disadari orang tua, bahwa kondisi anak yang memiliki berat badan berlebih (gemuk) sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Diberbagai negara masalah serupa sering dijumpai dan menjadi pekerjaan tambahan bagi pemerintah. Salah satunya penelitian yang telah dilakukan oleh WHO pada tahun 1998 menginformasikan di suriah terdapat 6 % overweight dan 10 % obesitas, sedangkan di cina overweight 3,6 % dan obesitas 3,4 %. Sedangkan di indonesia kasus mengenai obesitas ditemukan di sekolah dasar sebesar 2,1-25 %  (faizah, 2004). Berdasarkan data tersebut kasus obesitas semakin lama semakin bertambah dan sudah seharusnya perlu perhatian khusus bagi anak-anak terutama orang tua.

Perasaan sayang orang tua terhadap anaknya sudah menjadi naluri sebagai orang tua. Namun, perlu diingat sayang bukan berarti memberikan semua apa yang diminta anak. baik itu berupa makanan ataupun hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan efek kesehatan terutama obesitas. Sebagai orang tua harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak karena tidak semua makanan sehat bagi anak. ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan diantaranya makanan siap saji, jeroan, telur, serta makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol (mahdiah, 2004). Makanan tersebut sangat berpotensi menjadikan anak obesitas. Selain itu , anak yang terkena obesitas akan beresiko terkena penyakit Jantung koroner, diabetes melitus,hipertensi,anterosklerosis. Serta penyakit kardiovaskuler (pearson dkk, 2003). Semua penyakit tersebut terjadi karena adanya lemak dalam darah sehingga terjadi sumbatan yang mengganggu kesehatan anak dikemudian hari.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa ada beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah atau mengobati obesitas pada anak. diataranya dengan olahraga dan mengonsumsi beras merah. Sejatinya olahraga dapat meningkatkan kesegaran jasmani pada anak obesitas. Selain itu, olahraga dapat menurunkan tingkat obesitas. Kemudian beras merah dapat dijadikan sebagai cara yang cukup efektif untuk pencegahan maupun menurunkan tingkat obesitas pada anak (beras merah). selain itu beras merah menurut suardi pada tahun 2005 mengatakan bahwa mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti lovastatin,antosianin,zat besi, zink.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *