Segera Kenali dan Atasi Obesitas Pada Anak

Bahaya Obesitas Pada Anak
Awas Anak Terkena Obesitas

Semua orang pasti tidak menginginkan memiliki berat badan yang berlebih. Terutama bagi anak-anak dan remaja, masa anak-anak dan remaja merupakan masa pertumbuhan disaat tubuh membutuhkan banyak asupan gizi untuk perkembangan dan pertumbuhannya. akan tetapi anak atau remaja yang kegemukan akan berakibat pada masalah kesehatan, fisik dan kualitas hidup. Hal tersebut sebagai salah satu alasan kuat bagi orang tua agar senantiasa menjaga pola makan serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi buah hati.

istilah lain dalam ilmu kesehatan bagi seseorang memiliki berat badan berlebih dinamakan obesitas. obesitas merupakan keadaan dimana berat badan seseorang berada diatas rata-rata orang pada umumnya. Menurut centers for disease control (CDC) pada tahun 2006 mengatakan bahwa obesitas merupakan keadaan berat badan yang lebih dari standar kesehatan. Anak dikatakan memiliki berat badan berlebih atau obesitas jika berat badan diatas normal atau overweight.

dampak negatif yang cukup besar bagi orang yang mengalami obesitas terutama bagi anak-anak dan remaja berupa penyakit persendian, sering mengatuk ketika belajar di sekolah serta berkurangnya tingkat konsentrasi anak yang berakibat pada kurangnya  ketercapaian hasil belajar. Selain itu, menurut soetjiningsih pada tahun 1998 anak yang mengalami obesitas akan merasa rendah diri, tidak aktif dalam kelas dan depresif. Ditambah lagi dengan keterbatasan fungsi mental, emosional dan sosial (  daniels, dkk 2001). Tidak hanya itu, kegemukan dapat terjadi pada setiap lapisan masyarakat baik itu dipedesaan ataupun diperkotaan.

Obesitas dapat terdjadi karena beberapa hal diataranya karena tidak seimbangnya makanan yang menghasilkan asupan energi. salah satunya berupa mengonsumsi makanan yang kurang sehat terutama banyak mengandung lemak dan kolesterol. Biasanya sering dijumpai pada makanan siap saji diataranya soft drink, pizza,chiki,ayam goreng,burger, sandwich. Maka dari itu, orang tua harus memperhatikan makanan anaknya salah satunya membuatkan bekal anak untuk dibawah ke sekolah. Bekal tersebut bisa berupa nasi merah, nasi merah berasal dari beras merah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk mencegah atau mengatasi masalah obesitas (grosir beras merah). Beras merah memiliki banyak senyawa berupa zat besi, protein, lovastin, sumber vitamin B dan pigmen antosianin yang bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk mencegah obesitas atau menjadikan tubuh ideal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *