Mana yang Kandungan Gulanya Lebih Banyak: Buah Segar Atau Buah Kering?

Umumnya orang lebih pilih untuk ngemil buah kering dari pada versus buah segarnya karna lebih praktis. Nyaris semuanya buah dapat dikeringkan, dari mulai pisang, nanas, kurma, anggur (kismis atau sultana), prem (prune), sampai kulit jeruk (sukade). Tetapi saat memperbandingkan buah kering dengan buah fresh, mana yang semakin banyak memiliki kandungan gula? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana buah kering di buat?

Ada dua langkah paling utama untuk buat buah kering, yakni dijemur dibawah cahaya matahari kurun waktu lama atau dikeringkan dalam satu alat spesial.

Sepanjang buah dikeringkan, nyaris semua kandungan airnya juga akan menguap hilang. Sistem pengeringan berikut yang buat penampilan buah jadi lebih kecil, enteng, serta berkeriput. Mana yang kandungan gulanya semakin banyak : buah kering atau buah fresh?

Buah fresh yaitu sumber makanan yang tinggi gula. Buah kering juga masih tetap memiliki kandungan gula. Ini karna sistem pengeringan buah akan tidak demikian banyak kurangi kandungan gulanya. Yang di hilangkan yaitu air dengan kata lain sari buahnya saja.

Jadi saat dibanding, kandungan gula dalam satu potong buah fresh serta satu potong versus keringnya tidak demikian berlainan jauh. Umpamanya, 30 buah anggur memiliki kandungan 12 gr gula serta 48 kalori. Dengan jumlah yang sama, 30 buah kismis memiliki kandungan 10 gr gula serta 47 kalori. Tidak demikian jauh bedanya, kan?

Tetapi, lain saat kita memperbandingkan per volume dengan kata lain berat massanya. Kandungan gula dalam buah kering semakin lebih tinggi dari pada buah fresh, karna jumlah unit dalam volume buah kering semakin banyak dari pada buah fresh. Misalnya begini : 100 gr buah kismis dapat memiliki kandungan 250 butir anggur kering, sesaat 100 gr anggur fresh terbagi dalam 30-40 buah saja. Itu penyebabnya 100 gr kismis dapat memiliki kandungan sampai 60 gr gula serta 300 kalori, sesaat 100 gr buah anggur fresh cuma memiliki kandungan 16 gr gula serta 65 kalori.

Terutama, sebagian buah rasa-rasanya dapat jadi begitu asam serta nyaris mustahil untuk dikonsumsi saat telah dikeringkan. Maka dari itu banyak pula buah kering yang ditambah gula atau sirup sepanjang sistem pembuatan supaya lebih layak dikonsumsi. Menambahkan gula atau sirup ini dapat makin tingkatkan kandungan gula dalam buah kering.

Maka dari itu, ngemil buah kering juga tidak bisa berlebihan.

Sistem pengeringan buah juga akan menciutkan ukuran aslinya sampai ke ukuran mini karna kandungan airnya sudah hilang. Itu penyebabnya terkadang makan buah kering dapat buat lupa diri. Anda dapat tidak mengerti Anda telah umumnya ngemil karna keasyikan kunyah buah kering yang seolah tak ada habisnya.

Lain dengan apa yang mungkin saja Anda rasakan saat ngemil anggur fresh. Anda dapat memprediksi seberapa banyak yang baiknya Anda makan karna memiliki bentuk yang bulat serta besar-besar terang terpampang riil. Diluar itu, kandungan air dalam buah fresh juga menolong Anda terasa cepat kenyang.

Ya. Walau keduanya sama mempunyai berat 1oo gr, jumlah unit pada buah kering serta buah fresh begitu berlainan jauh. Anda dapat temukan sekitaran 30-40 buah anggur dalam ukuran 100 gr, sesaat 100 gr kismis dapat terbagi dalam 250 buah anggur kering.

Ingat kalau buah kering masih tetap memiliki kandungan gula serta kalori. Makin banyak Anda makan buah kering, jadi konsumsi kalori serta gula juga turut naik. Bila telah terlalu berlebih, ngemil buah kering tetaplah dapat berisiko tingkatkan berat tubuh serta tingkatkan gula darah walau notabene masih tetap termasuk juga buah yang sehat.

Yakinkan juga selalu untuk membaca label info nilai gizi manisan buah yang Anda beli untuk tahu seberapa banyak gulanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *