Mengenal Alat – Alat Kesehatan Home Care

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan yang cukup positif di dalam kehidupan manusia, terutama kemudahan akses informasi yang bisa kita dapatkan langsung dari dalam kantong kita. Kemudahan ini ternyata juga berefek kepada kesadaran manusia terhadap kesehatan. Dahulu kita mengira bahwa alat – alat medis hanya bisa digunakan di rumah sakit atatu klinik saja.

Namun dengan kemudahan akses informasi ini, orang jadi tahu kondisi yang sebenarnya dan ternyata ada beberapa macam alat – alat medis yang bisa kita gunakan di rumah. Apa saja itu ? Orang menyebutkannya dengan alat kesehatan Home Care. Dimana alat ini disediakan di rumah untuk menjaga dan merawat kesehatan keluarga. Berikut contohnya :

1. Termometer

alat kesehatan home care

Salah satu jenis alat kesehatan yang bisa anda sediakan di rumah sebagai upaya perawatan kesehatan keluarga anda yaitu termometer. Fungsi alat ini tentu anda sudah tahu yaitu sebagai alat pengukur suhu tubuh. Anda bisa sediakan alat ini dirumah untuk mengetahui kondisi suhu tubuh anda dan keluarga anda ketika sedang mengalami demam, dengan demikian kita bisa melakukan tindakan yang tepat.

2. Timbangan Badan

Berat badan dan tinggi badan bisa kita kaitkan dengan kondisi kesehatan manusia. Ketika bobot badan kita termasuk dalam Over Weight, sebagian orang takut dengan berbagai macam dampak yang mungkin terjadi pada dirinya. Timbangan badan akan membuat anda selalu memantau berat badan anda setiap saat. Anda bisa mengontrol pola makan anda ketika anda melihat berat badan anda sudah tidak dalam kondisi ideal lagi.

3. Tensimeter

Alat ini penting untuk anda yang kebetulan memiliki penyakit darah tinggi. Tensimeter berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Ada beberapa jenis tensimeter yang bisasa digunakan, bagi anda yang ingin memiliki alat ini dirumah, saya sarankan untuk menggunakan tensimeter digital, karena penggunaanya yang cukup mudah. Anda tidak perlu belajar untuk memakai alat ini, namun dari segi harga memang lebih mahal dibandingkan dengan tensimeter manual.

Masih ada banyak lagi alat – alat medis yang bisa anda sediakan dirumah sebagai Home Care Medical Device seperti kotak P3K lengkap dengan isinya, alat cek darah portable, dan lain sebagainya. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *